Sabtu, 27 Februari 2016

Tips Traveling Murah ke : " PANTAI ORA " *Pulau Seram - Maluku Tengah*


Pantai Ora, masih berada dalam kawasan Taman Nasional Manusela - Kepulauan Maluku.
banyak sahabat Traveler ingin berkunjung kesini sembari bermain bersama pasir, karang dan koral nya. namun kembali terkendala waktu dan biaya yang cukup besar dan membuat niat hati kembali dipendam.

naahh disini saya akan berbagi pengalaman perjalanan, bagaimana cara hemat menuju ke Pantai Ora yang sudah mendunia ini. nggak perlu repot-repot mikirin biaya penginapan yang mahal, carter mobil dan jasa tour guide.
intinya, setiap Destinasi Wisata yang terkenal sekalipun bisa kita jelajahi dengan biaya yang murah lho.

* * * * * * *

salah satu Resort di Pantai Ora

mari kita mulai :

untuk menuju ke Pantai Ora kita mulai dari Bandara Pattimura, Kota Ambon.
jika kita dari Jakarta, usahakan sampai di Bandara Pattimura jangan terlalu sore.

cari tiket promo, itu sudah wajib. siapa juga yang mau beli tiket mahal-mahal. yaahh kan?
banyak kok maskapai penerbangan yang sesekali menyediakan tiket promo. atau cari di pegi-pegi.com, traveloka.com.

setelah sampai Bandara Pattimura, keluar dari pelataran parkir Bandara dan berjalan kaki 100 meter. tunggu saja angkot warna merah yang biasa ngetem di depan Bandara.
setelah itu kita turun di simpang 3 ke arah Pantai Natsepa.
angkot dari Bandara ke simpang 3, Rp 5.000. murah kan ?

dari sini kita naik angkot lagi warna merah menuju ke Tulehu.
jika kita punya banyak waktu mampir sejenak di Pantai Natsepa sembari mencicipi salah satu kulinernya, apalagi kalau bukan "RUJAK NATSEPA", yang sudah sangat terkenal dikalangan Traveler.
angkot dari simpang 3 - Tulehu, Rp 5.000. hehehe.

oiyaah, Tulehu merupakan sebuah pelabuhan kecil di Pulau Maluku. dan sekaligus berfungsi sebagai pelabuhan penyebrangan menuju ke Pulau Seram.

jadwal kapal cepat Tulehu - Pulau Seram, pukul 10 -16 wit.
jika kita kemalaman di Tulehu, nggak usah panik. saran saya kita nggak usah nyari2 penginapan. karena didekat pelabuhan Tulehu ada "Rumah Singgah Backpacker". hubungi saja nomor ini : 0822-38146623.
mereka semua anak-anak MAPALA dari Univesitas Darussalam - Tulehu.


menuju ke Pulau Seram :

ingat !!! kapal cepat dari jam 10 pagi - jam 4 sore. saran saya ambil yang pagi saja, supaya sampai di pelabuhan Amahai Pulau Seram agak siangan dikit. oiyah lama perjalanan 4 jam melintasi perairan Laut Molucca yang mempesona.

harga tiket kapal cepat Rp 120.000. namun jika anda mau hemat, pesan saya nggak usah beli tiket. naahhh ketika ada pemeriksaan diatas Kapal kasih saja uang tunai 100 rebu. lumayan kan saving 20rebu hehehehe.


sampai di pelabuhan Amahai jangan tergesa-gesa nyari tumpangan, tunggu aja dulu diterminal biar agak tenang.
setelah itu jalan kaki keluar dari komplek pelabuhan kearah jalan besar. dan tunggu saja angkot yang lewat disitu. pastikan anda nanti turun di terminal Kota Masohi, tempat ini berdekatam dengan "Plaza Binaya".
dari sini ke Pantai Ora masih jauh brooo, saran saya kita menginap dulu di Kota Masohi. besok pagi baru melanjutkan perjalanan ke Pantai Ora.

nyari penginapan murah di Kota Masohi ?
nggak usah panik, dan nggak usah nyari penginapan murah. di Kota Masohi ada
" Rumah Singgah Backpacker" juga brooo.

" Kompas Masohi "
-Komunitas Pecinta Alam Anak Seram-

dari terminal naim angkot warna biru dan bilang sama sopirnya turun di Kompas Masohi. rata2 para sopir sudah tau tempat ini.

jika anda masih bingung, hubungi saja nomor ini :
0821-99204042 ( ibrahim )
0823-12617420 ( abas ).

tempat ini juga berfungsi sebagai Base Camp pendakian Gunung Binaya, puncak tertinggi di Kepulauan Maluku.


menuju Pantai Ora :

dari sini kita tinggal naik travel Rp 70.000. dengan lama perjalanan 1-2 jam. setelah itu kita turun di Negri Saleman, sebuah permukiman Nelayan dan merupakan pintu masuk ke Pantai Ora.

trus penginapan di Pantai Ora mahal nggak ?

ngapain kita nginap di Pantai Ora, harga per-malam Resort nya saja sudah diatas 600rebu. mahal amat brooo, setara dengan harga 1 tiket pesawat.
kita nginap saja dirumah penduduk.

kok bisa ?

bisalah brooo, intinya buang jauh-jauh rasa malu, kita sudah jauh dari rumah, kita sudah keluar dari zona nyaman. masih banyak orang-orang baik di Negri kita tercinta ini.
aku aja dulu pas kesini nginap dirumah penduduk. baik banget yang punya rumah. ini nomor handphone yang punya rumah kali aja kita bingung setelah sampai di Negri Saleman :

0822-48286352 ( Abang Jeppo )

kalo kita rombongan saran saya bawa tenda dan peralatan camping sekalian. ada satu tempat yang sangat cocok buat camping, namanya "Sungai Belanda".
letaknya persis dibawah salah satu tebing batu.


bagaimana kalo kita mau keliling Pantai Ora ?

disini disediakan perahu nelayan setempat yang bisa disewa. harga kisaran 200-300rebu sehari brooo. tergantung pintar-pintarnya kita nego sama yang punya perahu.
sambil kita snorkling di Pantai Ora, liat Dinding Batu dan ke Pulau Banyak.

* * * * * * *

gimana sahabat traveler, murah kan ?
intinya Traveling itu tidak selamanya harus keluarin duit banyak broo, kembali ke niat si Traveler tersebut.
kalo mau nginap di Resort, carter mobil, siapin saja duit yang banyak.
tapi kalo mau hemat, ikuti saja dengan cerita perjalananku tadi.
dijamin kita akan puaaaas.
bagaimana tidak ?, kita lebih punya banyak waktu berinteraksi dengan penduduk lokal, lumayan dapet keluarga baru dan lebih banyak bertemu orang-orang baru.

#selamatberpetualang
#ayoookelilingindonesia


30 komentar:

Edwin Harjono mengatakan...

Sangat informatif

Unknown mengatakan...

wah, terima kasih informasi nya sangat membantu , kebetulan september 2016 ini saya mau backpackeran ke maluku

Unknown mengatakan...

terima kasih , sangat membantu informasi nya .. kebetulan september 2016 ini saya mau backpackeran berkunjung ke maluku

Unknown mengatakan...

Saya mau ke Ora July bg
Gmna kalau kita bareng ?

khikidoo mengatakan...

Wahh good infoo..saya mau ke ora akhir juli iniii

khikidoo mengatakan...

Nice info, kebetulan saya juga mau ke ora juli akhir ini

Dinawaty Wong mengatakan...

adayang mau ke ora? saya lagi mencari teman utnuk trip di bulan nov-des 2016

Unknown mengatakan...

hallo ka
saya berencana ke ora
nov 2016
bareng yuk

Anonim mengatakan...

Haii mau bareng? Saya dg temen tanggal 28 des - 31 des rencana ke ORA.

Unknown mengatakan...

Terima kasih banyak untuk infonya....

Yesy Sinta mengatakan...

Infonya ngebantu bgt..

Unknown mengatakan...

mantap sekali , saya mau juga dong ke pantai ora ,saleman

ayumustikabohay mengatakan...

Pantai Molana juga mantap

Devika Fachrunnisaa mengatakan...

aku mau ke ora tanggal 14 - 17 april 2017. ada yg mau join???

Devika Fachrunnisaa mengatakan...

aku mau ke ora tanggal 14 - 17 april 2017. ada yg mau join???

Unknown mengatakan...

bisa join kah? saya jga mau ke ora

Unknown mengatakan...

bisa joinkah? saya jga mau k ora

Unknown mengatakan...

bisa joinkah? saya jga mau k ora

Unknown mengatakan...

Tanggal 9 mei 2017 saya mau backpackeran

T. Anugraha mengatakan...

thanks infonyahhh jadi tambah semangattttt

arie mengatakan...

trus kalo baliknya dari desa saleman giman bro? apakah banyak juga angkutan umum dari desa saleman ke masohi?

Unknown mengatakan...

Wah sama mbak,rencana saya juga mau backpaker ke ora tgl segitu, flight yg jam brp mbak ?

Salam kenal mbak 😅

Unknown mengatakan...

Wah sama mbak, saya juga tgl segitu backpaker ke ora, flight yg jam brp mbak ?

Salam kenal 😅

Unknown mengatakan...

A

Unknown mengatakan...

Devika mau join dong, kebetulan sekarang lagi di Ambon nih... Ada No wa gk? Hehe

Unknown mengatakan...

Devika, mau join gmna caranya?

Unknown mengatakan...

hai, blognya sangat membantu untuk menekan biaya jalan ke ora
tapi boleh tanya kah, untuk oto dari bandara ke pelabuhan amahai apakah banyak yg lewat atau per jam?

lalu untuk oto dari terminal naim, ada sampai jam berapa?

dan untuk travel apakah ada sampai malam?

mohon infonya, terima kasih sebelumnyaaaa

Faizar88 mengatakan...

waduh,, asik juga ni pulaunya,, makasi lho dah share,, :D jadi pengen backpackeran lagi hahaha :D

Unknown mengatakan...

Hay ada yg Maw join aku pengen ke pulau oratgl 1 Juli 2017

Unknown mengatakan...

Udah berangkat ke ora mbak? Boleh minta kontak nya , ini whatsapp sy 082136811511.